Rabu, 06 Februari 2013

Pick A Hits : Scream And Shout by Will.i.am featuring Britney Spears

"I wanna scream and shout, and let it all out
And scream and shout, and let it out
We saying, oh wee oh wee oh wee oh..."

Familiar dengan penggalan lirik diatas? Sudah tentu dong ya.
Ya. Itu adalah penggalan bait dalam lirik lagu berjudul 'Scream and Shout' yang dinyanyikan oleh pentolan The Black Eyed Peas, Will.i.am. Eits, siapa suara perempuan dengan logat British di lagu ini? Ayu Ting ting? NO. Zaskia Gotik? Yah bukan dong ah, gimana sih kamu. The right answer is miss american dream when she was seventeen, Miss Britney Spears. Ya, dialah Britney Spears, sosok yang fenomenal di sepanjang tahun 2012. Fenomenal? Ya iyalah, lebih detailnya disini.

'Scream and Shout' adalah single ke-3 dari album terbaru Will.i.am berjudul #willpower. Sejatinya, album ini akan diluncurkan tahun 2012, akan tetapi entah mengapa hingga awal 2013 ini, tanggal pasti perilisan album ini enggak muncul-muncul ke permukaan. Mungkin saja ini adalah salah satu strategi dari Will.i.am, dengan membuat penasaran para fans-nya. Sehingga semakin besar rasa penasaran, semakin besar pula keinginan para fans untuk membeli album ini. Mungkin aja kali ya, namanya juga main tebak-tebakan.

Terlepas dari itu semua, single 'Scream and Shout' sukses besar di penjualan digital maupun di chart perfomance. Kabarnya menjadi satu-satunya lagu yang bisa menjadi nomor 1 di 58 negara dalam hal penjualan digital hingga saat ini. Masalah kebenarannya, entahlah. mungkin bisa dicheck disini

'Scream and Shout' pertama kali premiere tanggal 19 November 2012 di radio US dan UK. Dan berlanjut ke seluruh dunia. Awalnya tanggapannya sangat biasa saja. Terbukti dengan penjualan digital yang melemah di awal rilis. Akhirnya lambat laun, single ini sukses besar di penjualan digitalnya. Padahal kalo ditilik dari promo-nya, juga lemah. Baik will.i.am maupun britney hanya 'promo lewat kicauan twitter'. Ini yang kelihatan saja, entah kalo ada promo yang kita tidak tahu. Mungkin saja ada 'Promo kasat mata'.

Suksesnya penjualan digital, otomatis mendongkrak popularitas lagu ini di perfoma chart-chart dunia. Hingga tulisan ini diturunkan, lagu 'Scream and Shout' ini telah berhasil menjadi nomor 1 di berbagai negara. Antara lain : Kanada, UK, Jerman, Belgia, Italia, Perancis, Irlandia, dan beberapa negara Eropa lainnya. Sayang, di US sendiri, lagu ini 'baru' peak di posisi nomor 3.
Lain di US, lain pula di Indonesia. Lagu ini cukup terkenal, beberapa radio di Indonesia bahkan sempat menjuarakannya. Termasuk juga di chart paling fenomenal sejagat maya, #TheMazmujTop20. Sempat menjadi jawara 3 minggu berturut-turut di bulan Januari 2013, menjadikan alasan kuat untuk saya memilih lagu ini sebagai 'the best single of the month' untuk bulan Januari 2013.

Kesuksesan single 'Scream and Shout' ini tak lepas dari peranan seorang Britney Spears di dalamnya. Sadar atau tidak, sosok Princess of Pop ini, tetap diperhitungkan. Dengan reputasi sebagai seorang penyanyi yang sudah fenomenal sejak awal tahun 2000-an dan jutaan fans (disebutnya Britney Army, BArmy) diseluruh dunia, tak heran jika lagu 'Scream and Shout', -yang menurut saya lagu yang biasa saja-, ini bisa sukses seperti sekarang. Padahal jika dibandingkan dengan single sebelumnya dari album #willpower, "T.H.E (The Hardest Ever)' featuring Jennifer Lopez dan mick Jagger dan "This is Love" featuring Eva Simons, lagu 'scream and Shout' ini tidak ada apa-apanya. Namun entahlah. itulah dunia infotainment. Kadang yang diprediksi tidak sama dengan hasil nyatanya. Yang jelas, lagu 'Scream and Shout' ini sudah membuktikan, bahwa lagu biasa saja bisa sukses luar biasa.

Video dari lagu ini pun tak kalah asyik untuk dibahas. Dengan tema 'ketergandaan', ternyata mampu menyedot hingga ratusan juta orang untuk menontonnya. Video ini premier di ajang XFactor USA, dimana Britney menjadi salah satu jurinya. White-Black-Scene menjadi background utama dalam video berdurasi 4 menit 52 detik ini. Easy watching dan lagunya yang simple, membuat orang gampang suka dengan video maupun lagunya. Penasaran dengan videonya? Lihat disini

Kehebohan lagu 'Scream and Shout' ini tidak berakhir sampai disini saja. Pertengahan Januari 2013, will.i.am ngetwit tentang perilisan versi remixnya. Sontak dan cetar membangkang buana, hashtag #ScreamandShoutRemix pun ramai lalu lalang di trending topic twitter. Dan ternyata hal ini bukan bualan semata. Versi remix dari lagu ini pun dirilis resmi, dengan menghadirkan rapper-rapper yg keroyokan nyanyi di lagu ini. Waka Flocka Flame, Lil Wayne, Hit Boy, dan Diddy kompak nyanyi bareng dalam satu single yang memang sudah sukses ini. Dan tentu saja hasilnya bagus, meskipun tempo lagu ini jadi lambat dan pelan. Tapi apapun itu, remix ini tetap asyik untuk didengarkan. Kamu penasaran seperti apa hasil lagu keroyokan ini? Cek disini.

Mau nyanyi bareng lagunya? cek liriknya disini, hapalin dan lets sing a long!

Menurut kamu, apa yang membuat lagu ini sukses?

"I wanna scream and shout, and let it all out
And scream and shout, and let it out
We saying, oh wee oh wee oh wee oh
You are now, now rocking with Will.I.Am and Britney, b*tch"

2 komentar:

  1. Good (y)
    Follback ya kawan :D

    visit to http://duniafranz.blogspot.com

    BalasHapus
  2. makasih yas frans, salam kenal balik :)

    BalasHapus