Selasa, 12 Februari 2013

Seventology : The 2013 Grammy's Winner



Grammy Grammy Grammy. Ya, Penghargaan musik terbesar di dunia telah digelar. Tepatnya tanggal 10 Februari 2013 waktu Amerika Serikat.
Apa yang menarik dari perhelatan akbar Grammy tahun ini? Nominasinya? Tamu undangannya? Atau serentetan acaranya? Well, sebelum menuju kesana, bisa saya katakan semuanya menarik untuk disimak dan ditonton.
Tapi bukan itu tujuan penulisan postingan ini. Gak mungkin dong saya akan bahas semuanya? Wani piro? #eh
Pada kesempatan ini, saya hanya akan sedikit membahas tentang pemenang Grammy-nya saja. Semuanya? Ya gak lah. Bisa kriting jari saya kalau harus menulis semuanya. Tapi tenang saja, nanti saya link-kan ke daftar pemenang lengkapnya. Don’t Worry Be My Valentine (?) :)

Kenapa saya memilih membahas masalah ini? Kenapa? Kamu tahu?
Jawaban simple-nya adalah, ya memang kalau ajang penghargaan gitu kan  yang disorot para pemenangnya. Walaupun juga yang lain penting sih buat bumbu acara, tapi tetap saja ‘para pemenang’ penghargaannya-lah yang menjadi titik puncak acara semacam ini. Sekalian juga saya informasikan, bahwasana saya tidak akan membahas semua pemenang, hanya saya ambil 7 kategori yang menurut saya kategori paling ‘wah’ jika dibandingkan dengan kategori lain. Atau setidaknya kategori yang lebih universal, bisa diterima semua kalangan dari semua ras manusia di dunia ini.
Kamu manusia kan? Silakan dilanjut bacanya ;)

Oiya, kenapa hanya 7 kategori saja? Kenapa gak 10, atau 13, atau 20 sekalian?
Hmm, baiklah. Segmen ini saya beri label “SEVENTOLOGY”. Jadi hanya memuat hal berjumlah 7 itu tadi. Nah kalau dilanjut pertanyaan : ‘Iya tau, seven kan 7. Tapi kenapa milih angka 7? Kenapa Muj?’
Ya, suka-suka saya dong ya, lagian angka 7 itu cantik dan sexy, menurut saya sih. Udah deh, kagak usah ngeyel. Jika ngeyel berlanjut, silakan hubungi dokter :) *lanjut saja ya, ya!*

Wah kok malah jadi curhat? Oke oke, kita kembali ke pokok bahasannya, Grammy Award 2013.
Jadi Grammy tahun ini memasuki tahun yang ke-55 sejak pertama kali digelar. Kalau mau lihat detail sejarah dan perjalanan ajang penghargaan ini, silakan cek disini. Dan ajang ini digelar di The Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat pada tanggal 10 Februari 2013 kemarin.

Dan berikut pemenang Grammy dari 7 Kategori yang akan kita bahas, kita urutkan berdasarkan penayangannya ya, check it out :

  1. Best Pop Duo/Group Performance : ‘Somebody That I Used To Know’ by Gotye featuring Kimbra
Siapa yang tidak tahu lagu ini? Lagu terlaris di tahun 2012 ini memang pantas memenangkan Grammy. Sejatinya, lagu ini telah dirilis pada tanggal 5 Juli 2011 di Australia. Kemudian dirilis di UK, dan tahun 2012 baru masuk ke Amerika. Sebuah lagu yang enak untuk didengarkan, easy listening dan stuck in the head banget.
Perjalanan panjang menyertai kesuksesan lagu ini. Hingga menghantarkan lagu ini menjadi juara di berbagai chart di seluruh belahan dunia. Dan hebatnya lagi, lagu ini terus-terusan diperdengarkan dan sering sekali digunakan untuk lagu audisi berbagai ajang pencarian bakat. Well, it’s a wonderful song and deserved to win. Absolutly. No doubt.

  1. Best Pop Solo Performance : ‘Set Fire To The Rain’ by Adele
Adele cukup bergembira dengan menangnya (lagi) di Grammy tahun 2013. Padahal tahun 2012, Adele telah memboyong 6 Grammy berkat kesuksesan yang tiada tara akan album keduanya, 21.
Dan hebatnya lagi adalah kesuksesan album 21 ini terus berlanjut di tahun 2013 ini. Adele menerima gelar Best Pop Solo Performance untuk kedua kalinya berturut-turut dari satu album. Ya, tahun 2012, Adele memperoleh gelar ini melalui lagu berjudul ‘Someone Like You’. Dan tahun ini memperoleh lagi gelar yang sama untuk lagu lainnya, berjudul ‘Set Fire To The Rain (Live)’. Benar-benar extraordinary. Siapa menyangkal?
Sebenarnya versi studio dari lagu berjudul ‘Set Fire To The Rain’ ini sudah cukup bagus untuk mewakili Adele maju dalam nominasi Grammy. Tapi mungkin ada pertimbangan yang kita enggak tau, sehingga yang diambil adalah versi ‘Live’ nya. Akan tetapi, baik versi studio maupun versi live, dua-duanya sangat bagus; musiknya, liriknya; dan semuanya. Sangat pantas menang Grammy. Congrats Adele.

  1. Song of The Year : ‘We Are Young’ by Fun.
Menurut kamu, lagu kamu tahun ini apa? ‘Harus Berpisah’ Cakra Khan? Hmm, atau ‘1000 Alasan’ Zaskia Gotik? Hmmm, baiklah baiklah. Saya mengerti :)
Kalau kamu menanyakan pada saya, saya akan jawab ‘We Are Young’! sebuah lagu yang ‘muda (enggak pake le o le o le o le)’, semangat dan membakar hasrat. Sebuah lagu yang mampu untuk membangkitkan birahi kepemudaan. Tentu saja untuk melakukan hal-hal yang positif ya. Lagu yang dinyanyikan oleh sebuah band bernama Fun. ini sungguh luar biasa. Dengan mengajak Janelle Monae, lagu ini sukses berat di pasaran. Mungkin karena kekuatan liriknya yang dahsyat, dengan melody yang apik tentunya. Apapun itu, lagu-lagu semacam ini perlu untuk dibudidayakan lagi, Lagu pintar dan berkualitas. Dan memang terbukti dengan menangnya lagu ini sebagai Song of The Year. Congrats!

  1. Best Pop Vocal Album : ‘Stronger’ by Kelly Clarkson
Kelly Clarkson mengulang sejarah lagi sebagai jebolan ajang pencarian bakat yang memenangkan Grammy Best Pop Vocal Album untuk yang kedua kalinya tahun ini, dengan album yang dirilis di tahun 2012, Stronger. Tahun pertama memenangkan gelar ini adalah di tahun 2006, dengan albumnya yang berjudul Breakaway.
Album Stronger sendiri berisi berisi 13 track lagu dengan 4 tambahan lagu di deluxe edition-nya. Single pertama dari album ini adalah Mr. Know It All, kemudian disusul What Doesn’t Kill You (Stronger), dan Dark Side. Secara kasat mata, album ini cukup padat berisi, walaupun tidak terlalu sukses untuk penjualannya. Pun dengan banyaknya kritikan ketika album ini rilis. Akan tetapi dewi fortuna ternyata mendekap Stronger di ajang Grammy ini, sehingga berhasil menyingkirkan album-album hebat lainnya, seperti The Truth About Love-nya Pink dan Overexposed-nya Maroon 5, yang jelas-jelas single-singlenya lebih laku. Anyway, congrats to Kelly!

  1. Best New Artis : Fun.
Artis pendatang baru terbaik. Ya. Tahun ini Grammy memilih Fun. Sebuah band indie pop yang berubah menjadi terkenal seantero jagat. Perjuangan band ini menancapkan kukunya memang patut diacungi jempol. Telah merilis 2 album, ‘Aim and Ignite’ di tahun 2009, dan ‘Some Nights’ di tahun 2011. Album kedua inilah yang menghantarkan 3 pemuda ini ke puncak popularitas. Fun. berhasil menyingkirkan beberapa nominee lainnya, seperti Frank Ocean dan Hunter Hayes yang sepertinya lebih dijagokan. Buktinya keberuntungan tetap berada di tangan mereka, berkat kerja keras tentunya. Sekali lagi, selamat untuk Fun.

  1. Record Of The Year : ‘Somebody That I Used To Know’ by Gotye featuring Kimbra
Gotye memang sangat happening di tahun 2012. Meskipun aselinya sudah terkenal di tahun 2011, berkat album berjudul ‘Making Mirror’. Dan dengan modal lagu inilah, Gotye berhasil menguasai seluruh belahan dunia, termasuk Amerika Serikat dan Eropa. Lagu yang ditulis dan diproduseri oleh Wally de Becker, ini rilis pertama kali tanggal 5 Juli 2011 di Australia, dengan mengajak artis Australia lainnya, Kimbra.
Suara Gotye yang catchy dan Kimbra yang merdu membuat kombinasi suara yang harmonis. Dipadu dengan bebunyian indie pop folk yang apik, membuat lagu ini addict to hear. Yakin deh, siapa saja yang dengar lagu ini pasti maunya sing along. Kamu juga kan ya? Apapun itu, lagu ini memang pantas mendapatkan gelar Record of The Year. Good job Gotye!

  1. Album OF The Year : ‘Babel’ by Mumford & Sons
Untuk kategori ini, sebenarnya saya sendiri kurang ngeh. Kenapa panitia memilih album ‘Babel’ ini sebagai pemenangnya. Padahal kalau ditilik dari sisi popularitas-nya secara global, album ini tidak se-terkenal nominee lainnya, seperti ‘Some Nights’-nya Fun. atau ‘Channel Orange’-nya Frank Ocean. Yah, alasan yang paling logis adalah, karena ajang Grammy ini bukan ajang penghargaan melalui polling voting atau sms. Ada juri yang sudah (mungkin) berkompeten di bidangnya.
Album ini mendapatkan kritikan postif dari berbagai website musik atau pengamat musik, diatas rata-rata. Sehingga memang itulah dasar dari pemenangan album ini.
Album ini juga laku keras, baik di UK maupun di Amerika, sempat menjadi album #1 dalam hal penjualan di minggu pertamanya. Kalau saya sendiri sih lebih milih ‘Channel Orange’ Frank Ocean. Tapi apa boleh buat, kenyataannya ‘Babel’-lah yang menang. Dan memang sudah semestinya begitu. Selamat untuk Mumford & Sons.

Kamu tahu benang merah dari ke-7 kategori pemenang Grammy yang ditulis disini? Kamu yang pake celana pensil, iya kamu, tahu? Hmmm, coba kita check ya. Gotye, Fun. dan Mumford & Sons adalah musikus yang awalnya bergerak  di ranah indie pop - indie folk. Nah, apakah ini pertanda perkiraan pemenang untuk tahun-tahun mendatang? Bisa jadi! 
Oke, jadi kamu yang punya band indie, silakan dikembangkan, dikelola, dieksploitasi semaksimal mungkin, tapi jangan terlalu memaksa ya, untuk bisa didengarkan ke ranah publik. Siapa tahu ada produser kelas dunia yang melirik kamu. Timbaland misalnya. Yah itung-itung buat menaikkan pamor musisi Indonesia di kancah dunia dengan #GoInternational. Ya kan? 

Nah, itulah 7 kategori pemenang Grammy yang sudah saya bahas. Gimana dengan kamu? Kalau saya sendiri sih sudah oke ya, artinya ya mereka yang menang itulah yang terbaik dari yang terbaik. Cuma kalu bisa membalikkan waktu, saya pinginnya yang menang kategori Album of The Year adalah  ‘Channel Orange’ Frank Ocean. Tapi ya itu tadi, kita harus legowo, para juri sudah memutuskan. Yang jelas nikmati saja. Just keep the music rock your mind, and stay health! :)

Oiya, kalau mau list pemenang lengkapnya, cek disini ya 
Dan kalau mau lihat recap-nya, cek dimari ya :)

Adios permios, cao!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar